Februari 28, 2009

Menulis itu mudah

Banyak orang yang mengatakan bahwa menulis itu susah. Faktanya, menulis itu sangatlah mudah, berikut akan dipaparkan betapa menyenangkannya menulis itu, dan alasan2 apa yang menyebabkan sebagian orang menganggap menulis adalah hal yang sulit dan sedikit membosankan.

Mengapa menulis dikatakan sangat mudah

Banyak yang beranggapan menulis itu susah dan menyusahkan,ditulis apa saja yang menjadi inspirasi entah menulis surat,catatan harian, kritik,puisi atau karangan apa saja.masalah yang sering dialami dalam menulis adalah sebelum dipikirkan ,langsung tertulis saja sebuah kata,padahal itu bagus tapi bahasa yang seperti apa harus ditulis,sehingga dapat lebih mudah dipahami artinya.

Proses-proses kreatif agar menulis mudah

Proses kreatif itu ada di diri masing-masing,apa yang dipikiran ,disekeliling kita dapat dijadikan pemicu proses kepenulisan.Masalah yang sering dihadapi kurang kreatifnya seseorang untuk bisa berinspirasi lebih kreatif lagi ,membuat seseorang untuk melihat kreasi orang lain ,padahal setiap orang mempunyai suatu kreasi dalam diri yang berbeda dengan orang lain.Kreatif dalam menulis akan dengan mudah akan timbul dengan sendirinya.

Resiko yang dialami dalam menulis

Kesalahan harus dimaknai sebagai hal yang positif agar dapat menulis lebih baik lagi.Menulis beresiko,pada dasarnya melakukan apa saja selain menulis pasti mempunyai resiko tersendiri.Yang sering ditemui dalam menulis adalah kurang diterimanya buku tersebut oleh masyarakat,mungkin isi dalam buku tersebut yang tidak diminati oleh masyarakat sehingga kurang tertarik untuk di baca.

Tekhnik menulis nyaman dan menyenangkan

Menulis dalam pemahaman mencurahkan apa-apa yang ada diotak adalah proses katarsis sekaligus agar bisa berkomunikasi dengan banyak orang Selain kepuasan batin dan materi,seorang penulis yang produktif dan karyanya disukai orang akan banyak dikenal dan terkenal,dengan demikian secara tidak langsung akan memperoleh posisi yang terhormat dimasyarakat. Buat nyaman situasi menulis ,yang merupakan salah satu tekhnik dalam menulis.

MENGAPA KITA PERLU MENULIS

Penyair rusia,TUTCHEV pernah berkata segala pemikiran yang diucapkan adalah suatu kebohongan.Pernyataan ini bisa memerahkan telinga ,terutama bagi para penulis ,betapa tidak segala pemikiran yang diucapkan dianggap bohong belaka,padahal hari-hari sudah anda habiskan untuk ngomong.Dalam perspektif antropologi,ternyata penggunaan bahasa tulis berbanding lurus dengan tingkat peradaban suatu masyarat.Memiliki arti semakin intensif suatu masyarakat mengungkapkan gagasannya secara tertulis,semakin tinggi pula tingkat peradaban mereka.Jika anda termasuk penulis sejarah ,sejarah apa saja ,mulai sejarah sastra hingga sejarah suatu bangsa,akan merasakan betapa sulitnya menulis sejarah tanpa jejak tulisan ,penulis bisa menciptakan sejarah ,sejarah apa saja sesuai dengan bidang garapannya.Seorang penulis juga dapat memberkan katarsis,penyucian jiwa akibat kepenatan urusan dunia.Tahukah anda sebagian sisi negatif dari manusia modern?mereka sering terjerembah dalam stres karena menggunakan produktifitas sebagai ukuran keberhasilan.
Hingga saat ini mungkin sudah lusinan buku penuntun tulis menulis yang beredar dipasaran.Bagi calon penulis ,bagus juga membaca buku-buku itu,namun sekiranya setelah membaca buku-buku itu.Menulis itu sangat gampang tidak repot,namun kalau ingin mendapatkan teori menulis dalam buku,dapat menyajikan teori menulis secara ekslisit.

Menulis sebagai tanggung jawab kemanusiaan

A.Dalam perspektif antropologi , penggunaan bahasa tulis berbanding lurus dengan tingkat perdaban suatu masyarakat artinya semakin intensif masyarakat mengungkapkan gagasannya secara tertulis ,semakin tinggi pula tingkat peradaban mereka
B.Coba bayangkan,bagaimana seandainya nenek moyang kita tidak menorehkan tulisan pada candi,prasasti-prasasti atau menuangkan pikiran mereka.

C.Oleh karena itu “menulislah” tulis apa saja.entah surat,catatan harian,puisi,makalah,opini,atau karangan apa saja.Sebab pada hakikatnya setiap tulisan tak ubahnya sepotong cermin yang memantulkan banyak realitas pada zamannya


Jadikan menulis bagian dari hidup anda.

A.menulis pada hakikatnya sama dengan berbicara .namun,bukan melalui surat dari mulut tetapi menggunakan kata kalimat tertulis yang memuat tertentu untuk orang lain.

B.Menulis jauh lebih terhormat daripada ngomong belaka karena keberadaan tulisan melampaui batas ruang dan waktu.Penulisnya sudah tiada,gagasan atau ide masih dapat dibaca oleh generasi demi generasi berikutnya.

C.Jika setiap hari anda menggunakan ribuan kata untuk berbicara dengan orang lain,coba tulis pembicaraan tersebut .Tanpa disadari anda telah mulai melakukan kegiatan menulis itu.

D.Membangun tradisi penulisan perlu disiplin tinggi.persis kita melakukan sholat,jika anda pemeluk islam yang taat,meninggalkan sholat sekali saja pasti akan merasa bersalah,demikian pula menulis.Jika telah menjadi kebiasaan,sehari saja tidak menulis anda akan merasa seperti berhutang yang secepatnya harus dibayar lunas.


Setiap orang punya pemikiran,karena itu berpotensi menjadi penulis asal dikembangkan tanpa menjadi duplikat siapapun ,menuliskan pikiran sangat mudah kalau mau melakukannya.Suatu pertanyaan yang diajukan ,”Bagaimana cara mudah menulis”
Aturan pertama ,menulis itu mudah jika menemui orang dengan sifat-sifat seperti itu,langsung tinggalkan dia,jadikan musuh setingkat iblis.sebab ,orang-orang seperti itu menghalangi menjadi penulis.Jangan pernah mau berteman dengan orang yang tidak mampu menulis tetapi selalu mengkritik tulisan orang.Mencela karya orang dijadikannya kebanggaan.Itu adalah musuh besar para penulis,apalagi bagi penulis pemula.
Aturan kedua perbanyak membaca,jadiakn membaca sebagai kebutuhan,kalau tidak mampu membeli buku,surat kabar atau majalah ,maka harus rajin keperpustakaan.Akan lebih baik biasakan keinternet.prinsipnya membaca dan terus membaca.Makin banyak membaca akan makin banyak ide yang muncul.

Kalau dikampus ,dikantor atau dimana saja bertemu seseorang ,kurangi berbicara,agar bisa lebih banyak berpikir.Jadi tulis dan tulis apa yang ingin ditulis ,jangan didiskusikan,sebab itu bisa menghilangkan ide kemana-mana.Setiap orang punya pemikiran sendiri,kalau penulis memakai metode gaya,dan kalimat yang sama pasti tidak enak dibaca.

Sadarilah bahwa kita terlahir sebagai orang pintar,siapa pun telah dibekali segenggam otak oleh Allah,variasi koneksi yang bisa dilakukan dalam sekejab.Otak adalah superkomputer tak tertandingi.Begitu besarnya potensi yang kita punya misalnya mampu menghasilkan ratusan buku,ribuan karya tulis dengan hanya memakai 26 huruf,a samapi z dan 10 angka.Kini tinggal meyakinkan diri,menguatkan tekad dan mengaplikasikan dengan semboyan motivasi “Saya pasti bisa”.Pengetahuan sudah adesif dengan diri ,bahan berhamburan ,keterampilan pun dapat dilatih,sederhana saja.menggunakan dan memanfaatkan potensi.

YAKINKAN DIRI MENULIS ITU MUDAH

1.Anda harus punya keyakinan menulis itu mudah,dengan demikian proses menulis tak akan sesulit yang dibayangkan .Berbeda jika belum apa-apa sudah menganggap menulis itu sukar,akibatnya segalanya benar-benar akan jadi terasa sukar dan membingungkan.

2.Sebagai makhluk ciptaan Allah ,manusia dibekali kemampuan yang lebih tinggi daripada binatang dan tumbuhan .Misalnya memiliki rasa kasih sayang, belas kasih, cerdas,kreatif,dan dalam bahasa agama dibekali Asmaul Husna.

3.Dengan dimilikinya sifat itu manusia memang dikodratkan bisa menulis ,sedangkan hewan dan tumbuhan tidak.Syarat utamanya adalah belajar.

Sekalipun banyak orang mengatakan menulis itu tidak mudah yakinlah sebenarnya menulis itu mudah,sangat mudah malahan.Ketika membaca tulisan atau artikel yang ditulis seseorang ,pikiran seperti itu pernah muncul dipikiran seseorang ketika membaca sesuatu yang menarik.Penulis yang dikatakan hebat itu adalah mampu menyamakan frekuensi pikiran dengan pembaca.kalau apa yang ditulis tidak nyambung dengan pikiran pembaca,itu bukan penulis yang baik namanya.Ingat esensinya,jagalah pikiran pada posisi itu jangan sampai terjerumus begitu ada tulisan yang sama dengan pikiran anda,tetapi ingat dalam pikiran ada dua posisi ,positif thinkinh atau negatif thinking.Kalau positif thinking ,begitu membaca tulisan ersis,misalnya akan muncul pikiran apa yang ditulis ersis seperti yang ada dipikiran,seolah-olah bisa membaca pikiran kita

Memotivasi diri

Menulis memang disengaja memberi semangat,dan memotivasi yang berkeinginan menjadi penulis.Pengalaman membuktikan menulis itu memang sangat mudah asal belajar dan melatih diri

SUKA MERENUNG DAN BERFANTASI

1.Melamun,merenung,mimpi,berkhayal adalah bagian dari pekerjaan otak.Bersyukurlah jika punya kebiasaan seperti itu.

2.Ikuti,jabarkan dan konstruksikan saja renungan atau fantasi itu dengan demikian telah memulai kegiatan menulis diotak

3.Dengan membiasakan menulis diotak sesungguhnya telah membangu landasan tradisi penulisan pribadi secara dini.

4.Menulis apa saja yang anda pikirkan adalah cara untuk berbuat jujur kepada diri sendiri.Bagi calon penulis ,kejujuran sangat perlu karena nanti akan melakukan komunikasi dengan banyak orang lewat tulisannya .

5.Penulis yang dikatakan hebat didunia mampu menyamakan frekuensi pikiranatau tulisan dengan pembaca.apa yang dipikirkan oleh masyarakat pembaca juga menjadi pemikiran sipenulis dalam tulisannya.

Menulis di otak

Daya tangkap ,daya rekam ,daya proses dan daya panggil otak begitu cepat ,rapi dan teratur. Tidak akan pernah ada komputer yang bisa menandingi.Harap diingat ,secanggih apapun komputer adalah hasil daya cipta otak ,tidak ada istilah bodoh atau pintar,yang ada adalah mereka yang mengaktifkan atau mengundurkan otak .Menulis adalah pekerjaan otak yang sangat ringan ,sebab menulis tidak lebih dari duplikasi apa yang dilakukan diotak.
Membaca ,dalam pengertian sederhana pada dasarnya memasukan data untuk diproses.Bila kapasitas otak diisi dengan data sifat penyayang ,maka itulah yang berkembang


BERANI MEMULAI DAN MENCOBA


1.Belajar menulis tak perlu menunggu lama-lama,ak harus punya komputer ,kita punya tangan jadi cukup dengan kertas atau bolpoin.Tuangkan pikiran gagasan dengan tulisan pada kertas tersebut.2.belajar apa pun termasuk menulis tak mungkin sekali jadi.Karena itulah ,setiap calon penulis harus memiliki semangat dan keberanian mencoba.Tanpa mencoba ,kita tak mungkin menemukan pilihan tepat untuk kata kalimat pertama tulisan ,kalimat kedua dan selanjutnya.

2.Pada hakikatnya “mencoba menulis” adalah proses belajar atau berlatih dalam rangka mendapatkan pengalaman menulis secara empirik.Semakin suntuk dan intens dalam mencoba ,semakin cepat pula kemampuan menulis itu tumbuh berkembang .

3.Tancapkan prinsip,bahwa menulis bukan karena apa-apa ,tetapi karena memang ingin menulis.Menulis sebagai kebutuhan pribadi.


BELENGGU-BELENGGU MENULIS

Menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan ,itulah tulisan.menulis bisa dilakukan dengan begitu mudahnya. Sesuai dengan meningkatnya kemampuan ,pendidikan dan wawasan kita melangkah belajar ,menuangkan pikiran.Awalnya dengan bicara kemudian menuliskan apa yang ada dipikiran .Menulis berarti menuangkan pikiran.

Logikanya,kalau mampu berpikir,pasti tidak sulit menuangkannya,pasti tidak sulit menuangkannya.Kecuali kalau menuangkan pikiran orang lain,tentu ceritanya akan lain,kalau memang tidak punya pikiran,ya susah ,tidak usah menjadi penulis.Menulis untuk berpikir dan cerdas,orang yang berpendapat dirinya bodoh tidak hak jadi penulis.

Menulislah karena ingin menulis artinya lingkungan yang seharusnya memberi dukungan dan memberi penghargaan,justru menjelma menjadi belenggu atau anggap tidak pernah ada belenggu itu,jangan berharap,jangan pedulikan.Menulis bukan karena apa-apa,tapi karena memang ingin menulis.Menulis kebutuhan pribadi.


TULIS APA YANG INGIN ANDA TULIS

1.Menulis adalah menuangkan pikiran gagasan pribadi dalam bentuk tulisan dengan pla tertentu,maka,setelah memahami tips-tips yang disampaikan,mengapa masih juga ragu-ragu menuliskan pendapat sendiri?mengapa ide-ide tersebut hanya dibiarkan menggumpal dikepala?
2.Jangan takut menulis apa yang anda pikir atau rasakan,dalam menulis kita hanya berkutat dengan diri sendiri.
3.Menulis adalah keterampilan atau kebiasaan sesuatu yang tidak perlu dipelajari,cukup dilakukan ,dilatih atau terus dilatih.
4.Keterampilan mengolah kata tidak ada sekolahnya,jadi latih dengan langsung menulis.
5.Menulis harus dimulai dari menulis itu sendiri.Mengenai teori serta berbagai aturan kebahasaan,soal belakangan dan bisa menyusul.

Kalau berkehendak menjadi penulis,tidak perlu berguru pada siapapun ,guru menulis sesungguhnya adalah diri kita masing-masing,tulis apa yang hendak ditulis,jadilah tulisan. Menulis harus dimulai dari menulis itu sendiri.Teori dan berbagai aturan kebahasaan ada logika bahasa,soal belakang,bisa menyusul. Faktanya,banyak orang menguasai teori,tetapi tulisannya jarang kita baca,bukunya tidak ada walau berkompeten menilai karya orang lain.Menulis bukan ilmu yang mempunyai dasar filosofis,ruang lingkup,metode,apalagi body of knowledge.Menulis adalah keterampilan atau kebiasaan,sesuatu yang tidak perlu dipelajari,cukup dilakukan,dilatih.

Menulis berhubungan dengan pikiran ,pengetahuan dan keterampilan mengolah kata,memilih,menggabungkan agar bermakna.Kalu pikiran pesti sudah punya,begitu pula pengetahuan ,tinggal diambil dengan membaca,melihat,merasakan atau berkhayal .Semua orang punya kemampuan demikin.Yang agak susah,keterampilan mengolah kata,berpikir menggunakan otak dan diolah diotak.Jadi latih saja kerja otak dengan langsung menulis,tulis,baca,perbaiki,tulis lagi,perhatikan kepada penulis agar diberi saran .Begitu mudahnya,idak perlu ikut penataran atau seminar tenetang menulis segala rupa.
Bermacam bentuk kuliah atau penataran tidak banyak menolong,bahkan bisa jadi kesia-siaan,kalau ikut program semacam itu meraup motivasi atau latihan langsung,coba kreatif dan kreasi sendiri sesuai kemampuan pasti itu bisa menjadi penulis,tidak menghabis-habiskan waktu.

MENULIS SEBAGAI KEGIATAN YANG MENYENANGKAN


1.Untuk menjadi penulis akan lebih mudah jika anda memiliki kesenangan menulis ,punya hobi berat menulis,memiliki dorongan alamiah untuk belajar menulis yang cukup besar.
2.Coba belajar menulis yang paling tepet adalah dengan menulis artinya mencari dan menemukan sendiri seluk-belik menulis secara empirik.Kegembiraan dan kebanggaan itu sangat besar pengaruhnya untuk memompa semangat anda.
3.Setiap penulis pemula harus menjadikan menulis kegiatan yang menyenangkan ,jangan menjadikan menulis sebagai pekerjaan atau beban berat.Apabila menganggap menulis itu pekerjaan berat dan sukar,anda tak mungkin berhasil menjadi penulis sukses

Setiap arang terlahir dengan potensi tidak terbatas,gunakan potensi,banyak membaca ,tulis apa yang dipikirikan jadilah tulisan.

Menulis tidak usah diperdebatkan lagi,adalah proses kreatif yang bermula dari berpikir.Sudah dipastikan setiap saat otak kita bekerja dalam tugasnya sebagai pusat kendali aktifitas.Menulis khusus buat orang yang otaknya masih bisa beroperasi secara benar,bahasa lain selama bisa berpikir orang pasti bisa menulis .Kalau berpikir dalam status off,misalnya kalau tidur dan bermimpi.Menulis pada hakikatnya berpikir,perbanyak berpikir adalah urusan internal,urusan diotak sendiri,bisa dikeluarkan dengan berbicara atau cara-cara lain tapi bukan itu yang dimaksudkan dalam rangkaian tulisan ini.Berkeinginan menjadi penulis baca apa saja,jangan pernag berkonsultasi dengan orang yang tidak pernah menulis,jangan pernah mau diberi ceramah apalagi dibimbing atau dilatih.Minimal kita mengurangi ruang untuk orang-orang seperti ini,menulis sebagai kerja otak sebaiknya merespons apa-apa yang ada diotak dan diluar otak ,setelah prosesnya matang,tuangkan dalam tulisan .Lebih mengagetkan lagi,ternyata sangat mudah,sungguh pekerjaan yang enteng,tulisan tidak bisa menipu diri dan orang lain.


MENGASAH KECERDASAN PIKIR,RASA,DAN JIWA

1.Guru menulis sesungguhnya tidak ada,dan tak pernah ada .Guru menulis adalah diri sendiri.Menulis adalah anak kandung dari pikiran kreatif sebab ia lahir dari proses kreatif.

2.Karena menulis sangat memerlukan kecerdasan,maka setiap penulis pasti memiliki kecerdasan pikir,rasa.dan jiwa.Orang yang merasa dirinya bodoh jangan mimpi jadi penulis.

3.Mengasah kecerdasan pikir,rasa dan jiwa perlu bagi calon penulis.Caranya antara lain dengan menulis.Sesungguhnyalah ,menulis juga merupakan cara mengasah kecerdasan pikir,rasa dan jiwa yang sangat efektif .

4.Lebih bagus belajar menulis melalui tulisan penulis,bukan kepada orangnya .Dari penulis cukup digali motivasinya,dan jangan terlampau mengikuti pikiran dan sylenya.

5.Dalam praktik menulis proses kreatif dimulai dengan sderhana.Ambil satu titik bahan akan terkumpul dititik tersebut,entah dari mana datangnya maka berhati-hatilah kalau diri terisi kemarahan,iri,dengki,proses kreatif akan bergulir dengan berbagai tumpangan tersebut.

Proses kreatif sangat mudah

Proses kreatif itu ada di diri masing-masing.Apa yang ada dipikiran,disekeliling kita ,dapat dijadikan pemicu proses kreatif.
Proses kreatif ada didri masing-masing.Apa yang dipikiran,disekeliling kita dapat dijadikan pemicu proses kreatif karena itu jangan takut menulis.
Menulis sangat mudah menjadi bagian kehidupan kita .


TULIS PENGALAMAN – PENGALAMAN YANG MENGESANKAN.

1.Peristiwa atau pengalaman yang sangat berkesan ,menancap kuat dalam pikiran dan perasaan,merupakan salah satu materi yang menarik ditulis.Jadi ingat simpan dan catat baik-baik peristiwa tersebut jangan disia-siakan.

2.Ada dua keuntungan apabila pengalaman yang mengesankan itu ditulis pertama anda ingat dan menguasai benar permasalahannya.Kedua kemungkinan besar tulisan itu juga akan membuat tertarik dan ikut terkesan.

3.Setiap pengalaman pribadi memiliki keunikan sendiri-sendiri yang nilainya juga berbeda dengan pengalaman orang lain.Dengan mengeksplorasikan kesan keunikan tersebut sama halnya anda telah membangun kesan dan daya tarik awal dalam tulisan anda.

4.Proses kreatif itu ada dalam diri kita masing-masing.Apa yang dipikirkan,apa yang ada disekeliling kita dapat dijadikan pemicu proses kepenulisan .

Pengalaman sangat mudah di tulis dan akan menyentuh tidak saja lubuk hati.


MEMBACA BUKU DAN KEHIDUPAN

1.Banyak membaca akan membiasakan pola pikir otak terstruktur.Dan ketika membaca tulisan orang lain sesungguhnya anda juga telah mempelajari struktur,gaya,maupun kebahasaan dari tulisan yang bersangkutan.

2.Banyak mengamati atau melakukan observasi terhadap kehiupan perlu bagi setiap penulis karena akan memperluas pengalaman dan wawasan pribadi.

3.Pada hakikatnya,contoh mengenai apa yang akan ditulis bagaimana menukiskannya banyak ditemukan dalam buku maupun kehidupan nyata disekitar anda.Simpan dan cermati penemuan-penemuan anda selama ini.

4.Membangun kedisiplinan dalam membaca dan menuangkan pikiran sehingga berwujud tulisan tak bisa ditawar-tawarkan lagi.Hanya lewat kedisiplinan menulis sajalah anda akan benar-benar memiliki kebiasaan menulis.

5.Membaca buku sama halnya mempelajari ide gagasan sipenulis dan sekecil apapun akan berpengaruh terhadap wawasan dan pengalaman batin anda.

JANGAN MELEWATKAN PERESTIWA-PERISTIWA LANGKA


1.Ribuan atau mungkin jutaan pengalaman telah kita miliki selama ini .Namun wujud dan nilai pengalaman tersebut kebanyakan mirip satu sama lain.atau mungkin hanya menjadi peristiwa biasa yang lewat begitu saja.

2.Apabila anda menemukan peristiwa atau hal yang bersifat langka,aneh,perhatikan dan cermati benar-benar.Sebab anda halnya menemukan tambang permata yang sangat berharga.

3.Selanjutnya anda harus menggali dan mengasah nilai dan peristiwa langka itu untuk ditulis.Percayalah yang diinginkan pembaca bukanlah pemaparan kejadian sehari-sehari yang telah akrab yang biasa dilihat,melainkan segala sesuatu yang antik ,langka dan baru.

4.Sebanyak apapun yang diketahui orang terhadap kehidupan,masih terlamapu sedikit dibanding dimensi alam semesta yang begitu luas dan kaya.seorang penulis berpotensi menambah kekayaan wawasan mereka dengan tulisan-tulisannya.

Merespon peristiwa langka

Peristiwa langka,biasa membuat banyak orang terpana,tapi kalau anda bermaksud jadi penulis ya ditulis.Sangat mudah dan menyenangkan apalagi orang hanya membicarakannya saja.

Suatu peristiwa,apalagi yang istimewa dan langka,kalau direspondengan baik dan pas,tentu saja lebih baik dibandingkan dibiarkan berlalu begitu saja.Dalam kaitan kengan kreatifitas menulis,peristiwa semacam itu adalah lahan yang sangat bagus.


BUKALAH PINTU DAN JENDELA HATI ANDA

1.Setiap orang memiliki bakat kreatif ,misalnya bagaimana merangkai huruf demi huruf menjadi kata –kalimat.Setiap orang juga bisa beda pandangan dan pendapat tentang sesuatu.Cermati p[eristiwa tersebut dan coba ditulis,karena tulisan anda harus berbeda,atau memiliki ciri khas yang tidak terdapat pada karya orang lain.

2.Anda boleh menyukai tulisan orang lain dan jadikan tulisan tersebut pelajaran.Namun,jangan disakralkan dan terjebak mengikuti sepenuhnya mengikuti gaya tulisan itu sebab,anda harus menemukan sendiri gaya dan wawasan kepenulisan yang akan menjadi pijakan pribadi.

3.Sebelum dan saat menulis ,buka seluas-luasnya pintu dan jendela pikiran,perasaan dan hati .Sebab ide-ide segar dan baru serta perkembangan apa yang kita tulis harus dan bagaimana menuliskannya dapat muncul lewat aktifitas kreasi oleh pikir tersebut.

4.Merekam apapun yang ditemukan dalam kehidupan sangat perlu karena setelah diseleksi momen-momen tersebut dapat berguna melengkapi tulisan yang anda buat.

Ide untuk menulis bisa datang dari mana saja, kapan saja, apakah ketika membaca sesuatu, melihat sesuatu, mengalami sesuatu, dan sebagainya, asal anda mampu meresponya.

GALI TEMA TOPIK YANG MENJADI PERHATIAN ORANG BANYAK

1.Menulis pada hakikatnya adalah untuk dibaca atau ditunjukan kepada orang banyak. Meskipun bukan berstatus seperti pelayan, penulis juga termasuk orang yang mengabdi kepada masyarakatnya lewat tulisan.

2.Permasalahan yang timbul d masyarakat bukan main banyak. Seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, hukum, dan lain-lain. Seorang penulis harus peka terhadapgerak dinamikapermasalahan yang terjadiserta mampu memberikan solusimelalui tulisan-tulisannya.ini

3.Dengan menulis apa yang menjadi perhatian dan kebutuhan orang banyak. Anda berarti menjadi bagian dari masyarakat, bukan orang yang tercerabut atau memusuhi masyarakat yang membesarkan dan menghidupi anda.

4.Menulis tema topik yang diperlukan masyarakat sama halnya anda memperhatikan aspirasi mereka. Akibatnya, mereka pun juga akan memberikan timbal-baliknya. Yaitu, membaca tulisan-tulisan anda dan memberikan penghargaan yang layak kepada pribadi penulisnya.


MANFAATKAN PENGALAMAN BARU

1.Mengikuti latihan menulis baik-baik saja, dalamarti mencari pengalaman baru mengenai banyak aspek sekitar penulisan.

2.Jika sudah memiliki kepekaan dan kreativitas cukup, berbagai pengalaman(baik pribadi maupun orang lain) dapat anda bangun menjadi tulisanyang menarik bagi pembaca.

3.Jangan sia-siakan jika menemukan pengalaman baru secara empiris. Sebab, pengalaman nyata seperti itu akan lebih mudah menuliskannya karena adanya keterlibatan langsung antara pikiran perasaan dengan peristiwa tersebut.

4.Jika memiliki waktu luang gunakan sesekali untuk melakukan perjalanan agar mendapat pengalaman baru guna menambah perbendaharaan ide serta wawasan pribadi anda.

5.Ingat apa yang kita tulis adalah sesuatu yang telah kita ketahui, kita pahami secara intens dan total. Tanpa memiliki pengalaman fisik maupun batin mengenai suatu fenomena, anda tak mungkin menuliskan fenomena itu dengan lengkap dan menarik.

Mengikuti pelatihan,workshop, kunjungan kerja atau apa namanya, pastilah memberi kesan atau ide baru.


MENULIS UNTUK MEDIA MASSA

1.Bentuk tulisan itu macam-macam. Gampangnya saja, ada fiksi(cerpen, puisi, novel, dll) maupun non fiksi(features, makalah, kritik artikel, resensi buku, dll). Boleh saja anda mulai belajar menulis sastra(fiksi), namun selanjutnya jangan luoabelajar pula menulis model-model yang lain.

2.Kreativitas menulis bukannya mutlak keinginan sendiri, melainkan dapat juga atas permintaan orang lain. Contohnya, menulis berdasarkan perasaan penerbit atau majalah tertentu.

3.Menulis makalah atau opini untuk media massa cetak harus mengikuti ketentuan media massa. Tulisan dibuat padat tanpa aturan referensi serta dengan bahasa populer agar dapat menjangkau publik yang lebih luas.

4.Bagaimana mengetahui kecenderungan maupun gaya penulisan yang diminati oleh media massatertentu caranya adalah dengan membaca dan mengikuti perbitannya dalam waktu yang cukup.

5.Kumpulkan kliping sejumlah tulisan dari media massa tertentu untuk jadi bahan pembelajaran anda. Mengkliping adalah cara praktis belajar menjadi penulis profesional.

Proses kreatif bukan mutlak keinginan sendiri tetapi bisa juga atas desakan pihak
lain.Tulisan dibuat tanpa aturan referensi ,dengan bahasa yang lebih populer agar dapat menjangkau publik,bukan untuk kalangan tertentu.
Dengan kata lain menulis makalah adalah jalan menulis,kreatifitas menulis bukan mutlak keinginan sendiri tetapi bisa juga atas permintaan pihak lain.Makin sering diminta menulis makalah disandingkan dengan keinginan sendiri,makin menyuburkan tulisan.
Sebagai penulis pemula,jangan mimpi dapat menulis tanpa kesalahan.Wajar memulai sesuatu melakukan kesalahan.Kalau terjadi kesalahan kemudian kesalahan ditunjukkan orang lain melalui kritiknya,dengan demikian dapat menghindari kesalahan dan sekaligus mengintrospeksi diri.
Bagi penulis pemula ,keberanian mendengar mempertimbangkan dan menerima kritik,merupakan salah satu awal menuju sukses.

JANGAN TAKUT MENULIS

1.Menulis janagn takut erbelenggu kaidah dan aturan misalnya kalau tidak sesuai dengan teori ,tak cocok dengan kaidah .pemula adalah motivasi serta tuntunan proses kreatif.
2.Mempelajari teori menulis itu bagus ,kalau dengan teori jadi takut dan terbelenggu.jika menulis sudah lancar baru ditingkatkan kualitasnya dengan teori menulis yang baik dan benar.
3.Kesalahan harus dimaknai sebagai hal yang positif agar dapat menulis lebih baik lagi.Banyak pemula didunia bermula dari kesalahan.
Menulis pada dasarnya melakukan apa saja,ada resikonya.Sebagai orang hidup dibekali pemikiran digunakan atau disampaikan akan mendatangkan respon,bisa positif tau negatif.Penyakit pemula penulis ,takut tulisannya tidak sempurna,tidak baik,tidak respon positif oleh pembaca.Padatataran ini,logika dibuat terbalik jangan takut salah.Tulis saja apa yang hendak ditulis,dengan demikian kesalahan dimalnai sebagai hal positif agar lebih baik dikesempatan berikutnya.


RESIKO MENULIS

1.Hidup itu penuh resiko,yang penting bagaimana mengatur kemungkinan resiko tersebut diminimalkan dan jangan takut resiko itu semangat menulis anda jadi kendor

2.Salah paham,salah tafsir,menyulut amarah adalah bagian tersendiri resiko menulis,kalau memang benar-benar salah jangan malu mengoreksi dan minta maaf.

3.Kebenaran tertinggi terletak pada hati nurani.Tulisan tak perlu dibela-bela,sebab akan membela dirinya sendiri.

4.Apa yang diinginkan manusia tidak selalu menjadi kenyataan,kadang tulisan tak selalu membuahkan kesenangan,kebanggaan atau diterima masyarakat karena tak dapat memuaskan semua pihak.
Hidup ini adala resiko,kalau mau menjadi penulis siap-siap menjawab resiko,apa pun bentuknya,jangan pernah takut dalam menulis dan kehidupan.

JANGAN MUNDUR MENGHADAPI TANTANGAN

1.Seorang penulis harus memiliki ketabahan dan kepercayaan diri yang besar,sebab macam tantangan dan hambatan selalu menghadang setiap kali anda menukis.Atasi menulis jangan pernah menyerah.
2.Ibarat bermain drama,seorang penulis harus bermain penuh dalam tulisannya.Harus sungguh-sungguh tanpa adanya kesungguhan,tulisan akan terasa hambar.
3.Tekad menulis adalah kunci utama seorang penulis pemula,tekad yang lemah atau tak menjamin bakal menjadi penulis yang baik.
4.Jika tulisannya sudah dipublikasukan,jangan terkejut hingga dari mereka tak setuju dengan isi tulisan.pertahankan apa yang anda tulis dengan gagah dan takut

MANFAAT MENULIS AKAN DATANG BELAKANGAN

1.Menulis sebagai proses mencurahkan ide maupun gagasan yang terdapat diotak sering dirasakan sebagai peristiwa katarsis bagi kebanyakan penulis.

2.Disamping mendapat kepuasan batin,menulis juga dapat menghasilkan perolehan matrei,namun seringkali akan bermanfaat juga untuk menolong kebutuhan hidup anda.

3.Selain kepuasan batin dan materi,seorang penulis yang produktif dan karyanya disukai orang akan banyak dikenal dan terkenal.Dengan demikian,secara tidak langsung akan memperoleh posisi yang terhormat dimasyarakat.

Menulis dalam pemahaman mencurahkan apa-apa yang ada diotak adalah proses sekaligus agar kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang,bahkan mampu membuat orang bisa menyamakan.

Nah,, sekarang bagaimana dengan anda..?? siapkah anda untuk menulis..??? ^_^

disadur dari Berbagai sumber.


0 Comment:

Poskan Komentar